Sifat Ikhlas dan Saling Memotivasi dalam Berumah Tangga

BelajarCinta.com – Hai lovers.. kali ini kita akan membahas tentang perlunya sifat ikhlas dan saling memotivasi dalam berumah tangga. Karena dalam kehidupan berumah tangga harus saling mendukung dan memotivasi dalam segala hal, agar terciptanya keluarga yang harmonis. Sifat ikhlas uga sangat dibituhkan karena dengan keikhlasan hati akan menjadi tenang walaupun dalam keadaan susah sekalipun.

 

Apalagi jika suatu rumah tangga didera masalah mengenai nafkah dan harta. Maka sifat ikhlas dan saling memotivasi sesama pasangan sangat diperlukan. Harta, topik ini tidak akan pernah ada ujungnya bila dibahas. Betapa hebatnya pengaruh harta ini terhadap kehidupan umat manusia sehingga sudah banyak yang sering kita saksikan, baik pengaruh yang positif atau yang negatif. Terlebih dalam urusan rumah tangga, ternyata harta merupakan masalah yang sensitif.

Mungkin kita banyak menjumpai pasangan yang bertengkar hebat hanya gara-gara tempat nasi yang kosong atau lauk di dapur yang seadanya. Mungkin kita pernah menjumpai pasangan yang berpisah dikarenakan nafkah yang kurang? Itulah sebagaian gambaran yang mencerminkan keadaan suatu rumah tangga yang terbelit masalah harta.

“Ada uang, abang disayang. Tiada uang, ku akan selalu Qana’ah”

Lantas, apakah maksudnya serang istri dan anak-anak yang menjadi tanggungan suami tidak boleh menuntut hak mereka? Tentu bukan itu yang dimaksudkan. Jika mereka benar-benar ditelantarkan, mereka bileh menuntut haknya. Hanya saja, tuntutan tersebut tidak seimbang dengan apa yang disanggupi suami sebagai kepala rumah tangga. Maka disaat itulah masing-masing dari kedua belah pihak sama-sama menyadari tentang posisi dan keadaan masing-masing.

Seorang suami tidak boleh kikir terhadap orang-orang yang menjadi tanggungannya, begitu juga sang istri dan anak-anak hendaknya qona’ah bila memang kesanggupan kepala rumah tangga hanya sebatas itu saja. Dengan demikian insya Allah kedamaian dan ketentraman keluarga akan tetap terjaga.

Rasulullah SAW bersabda :

“Sungguh sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian diberi rezeki yang secukupnya dan Allah SAW menganugerahkan kapadanya sifat qana’ah dengan rezeki yang Allah berikan.” (HR. Muslim: 1054)

Semoga pembahasan tentang pentingnya sifat ikhlas dan saling memotivasi dalam berumah tangga ini bermanfaat untuk kita semua, dan menjadikan bahan renungan kita untuk menatap rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.. Aamiin.

Salam cinta dan kasih sayang icon smile Sifat Ikhlas dan Saling Memotivasi dalam Berumah Tangga


Comments

Sifat Ikhlas dan Saling Memotivasi dalam Berumah Tangga — 3 Comments

  1. Pingback: Tips Menjadi Keluarga SAMARA | Belajar Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>