Manfaat, Hikmah dan Keutamaan Menikah

Sunday, October 7th 2012. | Panduan Menikah

33 300x191 Manfaat, Hikmah dan Keutamaan Menikah

BelajarCinta.Com – Menikah adalah hak dan kebutuhan mendasar manusia. Setiap orang memiliki fitrah dan naluri untuk menikah, karena menikah adalah sebuah ibadah yang didalamnya terkandung manfaat, hikmah dan keutamaan yang sangat besar. Manfaat, hikmah dan keutamaan menikah tersebut antara lain adalah :

1. Menikah adalah salah satu sunnah (ajaran) nabi Muhammad SAW. Seperti yang tertuang dalam Hadis yang berarti : “Wahai para pemuda, siapa di antara kalian yang mampu menikah maka menikahlah, karena ia lebih dapat membuatmu menahan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa tidak mampu menikah maka berpuasalah, karena hal itu baginya adalah pelemah syahwat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menikah adalah sebuah ibadah yang dapat menyempurnakan Iman. Seperti yang tertuang dalam hadis : “Barangsiapa memberi karena Allah, menahan kerena Allah, mencintai karena Allah, membenci karena Allah, dan menikahkan karena Allah maka ia telah menyempurnakan iman.” (HR. Hakim,dia berkata: Shahih sesuai dg syarat Bukhari Muslim. Disepakati oleh adz Dzahabi) Dan juga pada hadis : “Barangsiapa menikah maka ia telah menyempurnakan separuh iman, hendaklah ia menyempurnakan sisanya.” (HR. ath Thabrani, dihasankan oleh Al Albani)

3. Menikah adalah cara untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang harmonis, penuh cinta dan kasih sayang. Menikah dapat menenteramkan hati. Menikah membuat pikiran tenang. Menikah membuat hidup lebih bermakna dan bertujuan.

4. Menikah adalah jalan yang benar untuk mendapatkan anak keturunan. Mendapatkan anak keturunan dari hasil perzinaan (kumpul kebo) adalah jalan syetan. Zina adalah perbuatan keji. Merusak masa depan dua insan manusia. Merusak kehormatan dua keluarga. Merusak tata sosial masyarakat.

5. Menikah adalah satu-satunya cara yang benar dan berpahala untuk menyalurkan kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual adalah kebutuhan mendasar setiap manusia normal yang harus disalurkan. Dan menikah adalah jalannya.

6. Menikah adalah benteng untuk menjaga masyarakat dari kerusakan, dekadensi moral dan tindakan-tindakan asusila. Seperti yang tertuang dalam hadis: “Jika datang kepadamu orang yang kamu relakan akhlak dan agamanya maka nikahkanlah, jika tidak kamu lakukan maka pasti ada fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. Hakim, hadits shahih).

Itulah pembahasan tentang manfaat, hikmah dan keutamaan menikah oleh bapak Taufiqurrohman, M.Si. Semoga bermanfaat untuk pembaca tercinta. icon smile Manfaat, Hikmah dan Keutamaan Menikah

tags: , , , ,