Makna dan Hakikat Sebuah Pernikahan

wed111 300x207 Makna dan Hakikat Sebuah PernikahanBelajarCinta.Com – Kita sering mendengar kata menikah, tapi terkadang sering salah menafsirkan maknanya. Malah ada juga sebagian orang yang menafsirkan pernikahan hanya dengan pestanya saja, kalau tidak ada pesta pernikahan maka bukan menikah namanya. Maka dari itu, kita akan belajar bersama-sama tentang makna dan hakikat sebuah pernikahan.

Makna nikah adalah sebuah ikatan yang kuat (akad) antara laki-laki dan perempuan untuk membina rumah tangga yang baik dalam rangka mencari Ridho Allah.

Dengan menikah maka seorang laki-laki dan perempuan tersebut telah bersepakat sepenuh hati untuk saling bekerjama membina rumah tangga yang penuh ketenangan (sakinah), penuh cinta (mawaddah) dan penuh kasih sayang (rahmah).

Menikah adalah ibadah mulia. Menikah adalah sunnah Nabi. Saking tingginya nilai sebuah ibadah pernikahan, menikah disebut juga dengan separuh agama (nisfu dien). Sehingga seorang yang belum menikah, seolah-olah agamanya baru separuh, dan belum genap.
Manusia butuh menyalurkan hubungan seksual. Dalam memenuhi kebutuhan ini ada dua jalan yang bisa dipilih. Jalan pertama adalah berzina. Jalan ini adalah jalannya setan.

Berhubungan seksual diluar ikatan pernikahan adalah gaya hidup setan. Merusak masa depan dua insan manusia. Merusak kehormatan dua keluarga besar. Merusak tatanan sosial masyarakat. Membebankan penderitaan kepada anak hasil perzinaan. Merusak keharmonisan rumah tangga, jika pasangan zina menikah dengan orang lain.

Jalan kedua adalah menikah. Jalan ini adalah jalan yang mulia dan jalan yang selamat. Memuliakan dua insan manusia. Memuliakan dua keluarga. Mendapat berkah. Membuka pintu-pintu kebaikan. Memperluas sumber-sumber rezeki. Membangun tatanan sosial masyarakat yang tenteram.

Dengan menikah akan banyak sekali manfaat dan hikmah yang akan didapatkan, bukan hanya ketenangan lahir saja, melainkan juga sebuah ketenangan batin.

Jika ingin membangun rumah tangga yang baik, menikahlah. Jika ingin menyalurkan kebutuhan seksual yang bernilai ibadah, menikahlah. Jika ingin memiliki anak turunan yang baik, menikahlah. Jika ingin hidup anda teratur menikahlah. Jika ingin hidup tenteram dan tenang, menikahlah. Jika ingin diperluas rezeki dan diperkaya oleh Allah, menikahlah. Jika ingin menggenapkan separuh agama, maka menikahlah! icon smile Makna dan Hakikat Sebuah Pernikahan

Makna dan hakikat sebuah pernikahan oleh bapak Taufiqurrohman, M.Si. Semoga bermanfaat. icon smile Makna dan Hakikat Sebuah Pernikahan


Comments

Makna dan Hakikat Sebuah Pernikahan — 16 Comments

  1. Pingback: Hukum Menikah Dalam Islam | Belajar Cinta

  2. Pingback: Cara Melamar Gadis Idaman | Belajar Cinta

  3. Pingback: Makna Sakinah Dalam Pernikahan | Belajar Cinta

  4. Pingback: Empat Penyebab Hubungan Rumah Tangga Retak | Belajar Cinta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>