Hukum Menikah Dalam Islam

cincin kawin42 300x174 Hukum Menikah Dalam Islam

BelajarCinta.Com – Hai Lovers.. kali ini kita semua akan belajar tentang hukum menikah dalam Islam. Tentunya kita semua belum tahu kan, apa hukum menikah itu.. sehingga banyak terjadi hal yang meliputi masalah pernikahan ini. Meskipun menikah adalah ibadah bernilai tinggi dan merupakan fitrah dasar manusia, namun menikah dapat menimbulkan berbagai kebaikan maupun kejelekan. Oleh sebab itu, hukum menikahpun bisa berbeda tergantung dari niat dan kondisi dari calon pengantin. Berikut penjelasannya :

1. Wajib bagi yang mampu menikah dan khawatir zina atau maksiat jika tidak menikah. Sebab menghindari yang haram adalah wajib, jika yang haram tidak dapat dihindari kecuali dengan nikah maka nikah adalah wajib (QS. al Hujurat:6). Ini bagi kaum laki-laki, adapun bagi perempuan maka ia wajib nikah jika tidak dapat membiayai hidupnya (dan anak-anaknya) dan menjadi incaran orang-orang yang rusak, sedangkan kehormatan dan perlindungannya hanya ada pada nikah, maka nikah baginya adalah wajib.

2. Sunnah bagi orang yang memiliki syahwat tetapi tidak khawatir berzina atau terjatuh dalam hal yang haram jika tidak menikah, sementara dia mampu untuk menikah.

3. Mubah bagi yang mampu dan aman dari fitnah, tetapi tidak membutuhkannya atau tidak memiliki syahwat sama sekali seperti orang yang impotent atau lanjut usia, atau yang tidak mampu menafkahi, sedangkan wanitanya rela dengan syarat wanita tersebut harus rasyidah (berakal).

4. Haram nikah bagi orang yang tidak mampu menikah (nafkah lahir batin) dan ia tidak takut terjatuh dalam zina atau maksiat lainnya, atau jika yakin bahwa dengan menikah ia akan jatuh dalam hal-hal yang diharamkan.

5. Makruh menikah jika tidak mampu karena dapat menzhalimi isteri, atau tidak minat terhadap wanita dan tidak mengharapkan keturunan.. Juga makruh jika nikah dapat menghalangi dari ibadah-ibadah sunnah yang lebih baik.

Ada lima hukum pernikahan dalam Islam, yang kesemuanya akan membawa kebaikan dalam kehidupan semua umat manusia. Menikah adalah sesuatu yang amat sakral dan mempunyai makna tersendiri, karena mempersatukan dua hati untuk selamanya. icon smile Hukum Menikah Dalam Islam

Selain itu juga dengan menikah, akan memberikan manfaat yang besar bagi kedua mempelai kelak. Semoga dengan pernikahan, akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah.. Amiin icon smile Hukum Menikah Dalam Islam

Oleh : Bpk. Taufiqurrahman, M.Si


Comments

Hukum Menikah Dalam Islam — 4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>